Serat pada makanan bisa menurunkan gula darah, kolesterol, menghambat kanker usus besar, dan menolong menghambat wasir. Namun cuman sedikit orang yang mendapati jumlah serat yang cukup untuk badan.  Wanita harus mendapati kurang lebih 25 gr serat setiap hari dan pria paling tidak 35 – 40 gr, namun orang rerata cuman mendapakan kurang lebih 15 gr satu hari.

Makan-makanan yang kaya serat adalah metode terbaik buat menaikkan konsumsi serat harian. Sumber serat yang berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi harus tercukupi setiap harinya. Berikut ini ada beberapa sumber serat yang wajib diketahui agar kita bisa memilih berbagai jenis makanan berserat tinggi  untuk tubuh yang sehat.

Sumber Serat Alami dari Makanan dan Minuman 

Sumber serat terbaik adalah yang bisa didapatkan secara alami dan mudah didapatkan di lingkungan sekitar. Dengan rutin mengkonsumsi beberapa pilihan sumber serat ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang, terlebih saat kondisi pandemi sekarang ini.

  • Jagung

Beberapa tipe jagung mempunyai kandungan antioksidan. Kurang lebih 1/2 cangkir biji jagung memiliki kandungan 2 gr serat. Popcorn sebagai sumber makanan kaya serat dan rendah kalori. Popcorn menyiapkan kurang lebih 3,5 gr konsumsi serat dari sepertiga cangkir penyampaian.

  • Buncis 

Tidak hanya kaya serat, protein, dan zat besi, sebagai salah satunya sumber terunggul dari kalium. Kurang lebih 1 cangkir akan penuhi 25% dari kepentingan harian gizi yang bermanfaat memusuhi hipertensi.

  • Kacang Hitam

Kacang hitam memiliki kandungan 15 gr serat per cangkir, dan kurang lebih 15 gr protein. Warna gelap kacang ini memperlihatkan tingginya kandungan flavonoid. Flavonoid mempunyai antioksidan yang kuat. Saat menambah kacang-kacangan dan makanan yang lain tinggi serat di dalam menu keseharian, janganlah lupa buat minum makin banyak air.

  • Kacang Merah 

Kacang merah kaya serat, protein, dan zat besi. Mengkonsumsi kacang merah bisa dilakukan dengan cara dibuat sayur ataupun direbus. 

  • Alpukat

Alpukat sebagai salah satunya sumber serat yang tinggi. Kurang lebih 2 sdm alpukat memiliki kandungan kurang lebih 2 gr serat dan buah utuhnya memiliki kandungan kurang lebih 10 gr. Alpukat sebagai sumber yang baik sekali dari lemak gak suntuk yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan kurangi efek penyakit jantung.

  • Pasta Gandum

Pasta gandung adalah suatu pilihan buat makanan kaya serat. Anda bisa mengkonsumsi pasta gandum dengan mengolahnya dengan baik. Bisa juga mencampurnya dengan beberapa makanan yang dikonsumsi setiap harinya

  • Beras Merah

Setiap cangkir beras merah memiliki kandungan 3,5 gr serat. Pengamat Harvard menuturkan jika makan lebih dari 5 jatah nasi putih dalam 1 minggu,  akan menaikkan efek diabetes tipe 2 sejumlah 17%. Masukkan beberapa jatah beras merah per minggunya karena itu bisa turunkan efek diabetes tipe  2 sejumlah 11%.

  • Roti Gandum

Gandum memiliki kandungan beberapa unsur gizi dan kaya serat, hingga masukkan roti gandum di dalam menu keseharian adalah alternatif diet yang cerdik.

  • Pir

Seperti buah yang kerap kali dikonsumsi dengan kulitnya, buah pir sebagai sumber serat dan nutrisi tinggi. Suatu pir ukuran lagi berisi kurang lebih 5,5 gr serat.

  • Havermut

Havermut memiliki kandungan beta glucan, yang disebut tipe pribadi dari serat yang mempunyai dampak turunkan kolesterol benar-benar kuat, dan dapat menaikkan guna prosedur kekuatan tubuh. Havermut sebagai kombinasi yang bagus dari serat larut dan serat tidak larut. Serat tidak larut ialah tipe serat yang menurunkan kolesterol darah, yang bisa membantu mengontrol kelancaran pencernaan.

  • Raspberi 

Raspberi kaya serat dan benar-benar bergizi. Kurang lebih secangkir menyiapkan sepertiga dari kepentingan serat harian. Buah ini pula sebagai antioksidan kuat.

  • Kacang Polong 

Kacang ini dapat dibuat jadi beberapa tipe makanan nikmat, sebagai sumber serat, serbaguna, dan murah. Secangkir kacang polong memiliki kandungan kurang lebih 16,3 gr serat, dan satu cangkir kacang polong beku memiliki kandungan kurang lebih 8,8 gr serat selesai diolah.

  • Brokoli

Tidak hanya menghambat kanker, sayur ini pula memiliki kandungan serat. Kurang lebih 5,1 gr serat diraih dari satu cangkir brokoli rebus. Sayur brokoli bisa dikonsumsi dengan cara direbus atau digunakan sebagai cemilan.

  • Apel

Konsumsilah apel dengan kulitnya, buang kulitnya bisa menyingkirkan serat dan beberapa fitokimia berguna. Apel ukuran lagi memiliki kandungan kurang lebih 4,4 gr serat.

  • Kacang Almond 

Almond dan beberapa kacang-kacangan yang lain sebagai sumber yang baik sekali dari serat, lemak sehat, dan protein. Tapi jumlah kalori almond terlalu tinggi, hingga kita harus dibatasi konsumsinya. Kurang lebih seperempat cangkir ialah yang dianjurkan. Seperempat cangkir memiliki kandungan kurang lebih 3 gr serat dan 170 kalori.