Menerapkan sistem manajemen gudang atau warehouse untuk membantu sistem manajemen manufaktur sangatlah penting. Hal ini terkait dengan menjaga dan membantu siklus produksi pekerjaan sesuai rencana yang telah perusahaan buat.

Apakah Anda orang yang bertanggung jawab atas produksi? Atau mungkin Anda adalah pengelola jasa sewa gudang? Yang pasti, Anda bertanggung jawab atas proses implementasinya. Banyak yang bilang, gunakan saja software erp manufaktur pergudangan terbaik untuk mengatasi berbagai masalah dalam bisnis manufaktur.

Secara umum dan tradisional, hal ini merupakan tanggung jawab bersama yang harus selalu dijaga. Jika tidak, ada risiko besar yang mengintai. Menerapkan manajemen gudang yang baik akan membantu jalur produksi bekerja sesuai rencana tanpa terkecuali. Bisa dibilang gudang ini merupakan pusat distribusi yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Bagi pengelolaan atau manajemen gudang yang utamanya fokus pada penyimpanan barang, pastinya akan menghadapi berbagai tantangan dalam pengelolaannya. Jadi, tantangan apa saja yang akan dihadapi manajer gudang?

Masalah-masalah yang Ada pada Manajemen Gudang

  • Kapasitas Gudang

Dalam pengelolaan gudang, kapasitas suatu gudang dibatasi oleh luas bangunan dari gudang tersebut. Namun hal tersebut bisa diminimalisai dengan menata ruang gudang yang misalnya saja terbatas, kita tetap bisa menanggulanginya dengan sistem racking.

Hal ini masih juga tergantung dari jenis, volume dan berat barang yang disimpan. Namun sebagai pengelola gudang, Anda tetap harus bisa mengelola gudang dalam ruang yang terbatas. Batasan paling umum adalah kesalahan tata letak. Suka atau tidak suka, yang harus Anda lakukan hanyalah menata ulang.

Kendala lainnya adalah kurangnya ruang. Kekurangan ruang dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti salah memperkirakan arus barang. Namun, sebagai pengelola gudang, Anda harus tetap berhati-hati untuk mengatasinya. Misalnya, Anda mungkin melakukan sesuatu untuk menumpuk sebanyak mungkin item yang dapat ditumpuk. Kemudian, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa gang / jalan yang ada di gudang tersebut.

Untuk menghindari masalah kekurangan ruangan ini, manajemen gudang harus terus aktif melaporkan kapasitas ruangan. Kemudian juga secara aktif memampatkan ruang kosong yang ada.

  • Inventory Accuracy

Masalah lain dari manajemen gudang adalah memastikan inventaris yang akurat. Artinya apa yang telah dicatat dalam dokumen persediaan, sesuai dengan apa yang disimpan di gudang. Berbagai tindakan dapat diambil untuk memastikan keakuratan inventaris tetap terjaga. Salah satunya adalah memastikan bahwa catatan barang masuk atau keluar gudang sudah benar.

Yang perlu diperhatikan adalah jumlah barang yang masuk dan keluar serta lokasi penyimpanan barang tersebut. Perekaman ini dapat dilakukan dengan menggunakan media file worksheet, menggunakan aplikasi warehouse management system (WMS), atau yang lebih bagus menggunakan system cloud ERP manufacturing.

Kedua, memastikan adanya standar operasional prosedur (SOP), terutama dalam pencatatan barang masuk dan keluar serta penempatan barang. Dengan SOP, setiap pekerja di gudang tidak akan ragu untuk bekerja. Misalnya, di mana harus meletakkan barang ketika barang baru saja sampai.

  • Picking Optimization

Masalah selanjutnya adalah pada proses penjemputan saat ada permintaan barang. Strategi pick-up semacam ini diperlukan untuk mencapai efisiensi energi dan waktu. Karena tentunya sumber daya yang ada di gudang terbatas.

Sumber daya tersebut meliputi sumber daya manusia, alat bantu seperti forklift, dan jam kerja yang terbatas. Oleh karena itu, manajer gudang harus memastikan bahwa mereka dapat mengoptimalkan proses pengambilan. Beberapa strategi pengambilan atau optimasi picking dapat digunakan, seperti wave picking.

mengakses web SystemEver

  • Inventory Location

Penataan pada lokasi persediaan gudang juga menjadi masalah umum yang dihadapi manajemen gudang. Hal ini untuk memastikan arus barang tidak terhambat. Selain itu, yang bisa dilakukan adalah menempatkan item quick release atau barang yang sering cepat keluar paling dekat dengan pintu keluar.

  • Communication

Masalah umum berikutnya adalah komunikasi yang terjadi di gudang, baik itu komunikasi antar pekerja, maupun komunikasi antar divisi atau departemen. Misalnya, jika ada beberapa permintaan barang, mana yang harus disiapkan terlebih dahulu. Untuk ini, perlu dikomunikasikan permintaan mana yang akan dikerjakan sesuai dengan antrian atau urgensi sehingga bisa didahulukan.

  • Inaccurate Document dan Time Management

Dokumentasi yang tidak akurat adalah masalah yang harus dihadapi manajemen gudang. Seringkali informasi dalam dokumen yang menyertai pembelian dan pengiriman tidak akurat. Akibatnya dapat menimbulkan kebingungan dan yang jelas akan menghambat pekerjaan di gudang.

Manajemen waktu juga menjadi masalah dan tantangan yang pasti dihadapi oleh manajer gudang. Jam kerja dibatasi oleh waktu, sehingga pengelolaan gudang harus memastikan jam kerja yang diberikan mencukupi.

Lembur harus dihindari, karena terlalu banyak lembur menunjukkan manajemen waktu yang tidak efisien dan juga dapat terjadi karena kekurangan tenaga kerja. Bahkan jika pekerja tetap diharuskan kerja lembur, faktor kelelahan pekerja akan melahirkan masalah lainnya.

Software ERP, Solusi Masalah Manajemen Gudang

Dari beberapa masalah-masalah di atas, dapat dioptimasikan kembali digitalisasi manajemen gudang agar sesuai. Tinggalkan cara tradisional dan beralih pada industri manufaktur dengan era industri 4.0 dan menuju society 5.0. Cepatnya teknologi berkembang tak hanya dalam dunia media sosial saja, dalam dunia bisnis juga sangat cepat mengikuti perkembangan jaman.

Dalam membuat perusahaan, Anda harus memilih strategi yang tepat agar selangkah lebih maju ketimbang kompetitor Anda. Anda memerlukan sistem cloud ERP guna membuat manajemen gudang menjadi lebih efektif dan menghindari masalah-masalah umum yang terjadi, bahkan masalah yang kompleks dapat teratasi dengan menggunakan Software Enterprise Resource Planning (ERP).

Software Enterprise Resource Planning ata biasa disingkat ERP adalah seperangkat software atau aplikasi yang mempunyai fungsi untuk mengelola dan mengintegrasikan berbagai aktivitas operasional dalam suatu bisnis. Layanan software ERP ini akan tepat bila Anda menggunakan software ERP manufaktur yang dikembangkan oleh SystemEver.

Sistem ERP sudah terbukti mampu menyederhanakan operasional, meningkatkan efisiensi serta menghemat anggaran, apapun bisnis Anda, bahkan bila bisnis Anda dalam bidang industri manufaktur, Software cloud ERP SystemEver dapat menangani ini.

Software ERP Manukfaktur SystemEver i7 Series

Software ERP Manufaktur Terbaik SystemEver

Sejak tahun 2017 SystemEver sudah hadir di Indonesia guna membantu pelaku bisnis usaha skala menengah (UKM). Perusahaan ERP asal Korea Selatan ini layanannya sudah berbasih cloud. Younglimwon Softlab adalah nama perusahaan system ERP SystemEver, sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi.

Di Indonesia sendiri SystemEver sudah launch modul-modul ERP yang dapat langsung Anda gunakan, antara lain i-series yang mencakup i1 untuk Account Tax Service, lalu ada i5 untuk sales dan distribution yang tertuju pada perusahaan distribusi dan penjualan.

Selanjutnya ada modul produk i7 yang berfokus pada industri manufacturing, yang bisa menjadi solusi dari masalah-masalah yang sudah disebutkan di atas. modul i7 mencakup pengelolaan keuangan, pengadaan barang, produksi barang, pengelolaan sumber daya manusia, pengelolaan gudang, dan lain-lain. Berkat dukungan ERP, Systemever mampu membantu perusahaan industri manufaktur di Indonesia.

SystemEver, One Stop Solution

Dengan kecanggihan teknologi cloud yang dimiliki Systemever, Perusahaan yang memakai layanan ini dapat memengelola semua kebutuhan dengan lebih cepat dan lebih efisien. Adanya sistem yang saling terintegrasi dan dapat diakses hingga ke device smartphone, para pelaku bisnis akan tetap produktif di manapun dan kapanpun, perolehan data yang didapat akan akurat dan aman.

CEO Younglimwon Softlab, Young-Bum Kwon mengatakan, “Perkembangan industri manufaktur di Indonesia begitu menggairahkan. Setahun setelah pandemi, angkanya selalu bertumbuh. Dengan digitalisasi manajemen lewat seri i7, kami optimis Systemever dapat membantu para pelaku industri di Indonesia untuk bangkit dari pandemi dan bisnisnya melesat jauh sehingga dapat berdaya saing global di masa mendatang.”

Ia juga menekankan bahwasanya “Systemever adalah one stop solution”, yang berarti hanya dengan satu software, pelaku usaha seperti Anda dapat menyelesaikan berbagai masalah yang biasa dan umum terjadi di perusahaan manufaktur, dan tentunya akan cepat teratasi.

Pengguna modul i7 software ERP terbaik manufaktur pergudangan ini sangatlah cocok bila digunakan oleh pabrik yang sedang berkembang dan kesulitan dalam integrasi data dan sistem manajemen, pabrik yang memiliki Master Production Schedule (MPS) dan Bill Of Material (BOM), dan pabrik yang ingin melakukan perencanaan produksi serta menerapkannya untuk penjualan jangka pendek atau panjang.

Kesimpulan

Sofware ERP Manufaktur bisa membantu kinerja bisnis usaha menengah Anda bahkan perusahaan besar sekalipun bisa, pengelolaan secara cloud yang memungkinkan menggunakan sistem informasi manajemen yang akurat dan realtime. SystemEver Indonesia siap menjadi mitra bisnis yang terpercaya, membantu Anda mengelola bisnis #jadimudah https://systemever.co.id/id/join-partner.